Kamis, 11 Februari 2010

DENNI ZIKRI PRANATA (NIM : 223107009)

|

NAMA : DENNI ZIKRI PRANATA
NIM : 223107009
Kecelakaan Transportasi Akibat Disiplin Renda

Selasa, 27 Februari 2007 - Disiplin ren
dah dan kurangnya perawatan prasarana transportasi menjadi pemicu tingginya angka kecelakaan angkutan darat, laut maupun udara di Indonesia, kata seorang wakil rakyat.
Anggota Komisi V (Perhubungan) DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Joseph Umarhadi, di Jakarta, Selasa, mengatakan pemerintah sebagai regulator dan pengawas tidak bisa ditawar-tawar lagi harus lebih tegas dan keras dalam menerapkan peraturan.
"Kecelakaan beruntun terjadi akibat lemahnya kedisiplinan dalam semua hal," katanya lagi menunjuk pada sejumlah kelalaian di beberapa moda transportasi nasional.
Disiplin rendah itu terlihat mulai pada hal-hal yang sangat elementer, yakni dalam menggunakan alat-alat keselamatan, baik dalam moda transportasi darat, laut apalagi udara.
"Lalu yang kurang mendapat sorotan kritis, tetapi ini sesungguhnya yang paling berisiko tinggi, ialah rendahnya kedisiplinan dalam hal perawatan," katanya.
Menyangkut peran para regulator dalam hal terjadinya kecelakaan berakibat fatal, menurut Joseph Umarhadi, misalnya berhubungan dengan kedisiplinan dalam pengaturan kelebihan muatan maupun penumpang, pemberian kelaikan sarana transportasi, kesiapan prasarana, hingga kecakapan sumberdaya manusia.
"Jangan dianggap biasa-biasa saja. Masalah ini serius. Karena itulah, Komisi V DPR RI sudah membentuk Panja Kecelakaan yang akan memberikan rekomendasi kepada pemerintah guna melengkapi temuan-temuan lainnya," demikian Joseph Umarhadi. (*/cax)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar